Selasa, 10 Januari 2012

SISTEM KOMPUTER :)

Arti Sistem Komputer
Dunia teknologi telah berkembang dengan cepatnya, pada masa tertentu terjadi berbagai perubahan yang cukup signifikan mengenai pandangan orang terhadap teknologi, walaupun secara esensi teknologi tersebut masih pada kerangka acuan yang ada. Misalnya pada zaman sebelum tahun 2000, orang umum masih memandang sebuah komputer adalah mesin yang biasanya terletak pada sebuah meja dimana pada meja tersebut terdapat keyboard , monitor dan CPU . Atau lebih dikenal dengan Personal Computer . Disamping itu, orang masih membedakan antara komputer dengan handphone , mesin fax , pemutar video, sound system , mesin fotocopy dlsb. Namun semakin hari perangkat tersebut semakin sulit untuk dibedakan.
Sistem
Apa yang dimaksud dengan sistem?
Secara sederhana sistem dapat diterjemahkan: Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
Seperti disebutkan di atas, sistem tidak hanya melibatkan suatu fungsi saja atau prosedur saja, namun merupakan suatu kesatuan dari semua hal yang dilibatkan untuk pekerjaan yang diinginkan dapat terlaksana dengan baik.
Komputer
Apakah komputer itu?
Komputer berasal dari bahasa latin dari kata Computare, yang berarti menghitung (dalam bahasa Inggris to compute). Secara umum defenisi komputer tersebut adalah suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Sebagaimana kita ketahui, komputer tidak mengerti bahasa manusia. Lalu bagaimana perintah manusia tersebut bisa dimengerti oleh komputer? Sedangkan mesin komputer bekerja berdasarkan arus listrik yang ada padanya.
Disinilah dibuat suatu aturan tertentu bagaimana keinginan manusia tersebut bisa diterjemahkan agar mesin bisa memahaminya. Mesin secara elektronik dapat memahami perintah ini dengan beberapa perintah dasar yang dia miliki (instruction set).
Manusia membuat perintah ke komputer melalui sebuah program, dimana program ini berisi instruction set itu tadi. Sehingga secara otomatis melalui program yang telah disusun tersebut komputer bisa mengerti apa yang harus dikerjakannya.
Dengan keterangan di atas, jelaslah bahwa wujud komputer tersebut bisa saja berupa kalkulator , notebook , komputer pribadi , dan lain-lainnya. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.
Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna. Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna.
Komputer juga dapat dikembangkan untuk mengontrol peralatan mesin produksi ataupun peralatan rumah tangga. Dengan menambah rangkaian elektronik buatannya, maka komputer biasa bisa dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan industri dan rumah tangga. Adanya kecenderungan pemanfaatan komputer untuk kontrol seperti ini dengan dukungan teknologi chip IC telah memungkinkan orang membuat robot kecil yang berguna seperti robot kendaraan yang dipergunakan dalam misi ruang angkasa.
Sistem Komputer
Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Source : http://buku.total.or.id/
SISTEM INFORMASI
Suatu Sistem Informasi (IS) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan kegiatan-manusia dalam menggunakan teknologi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan. Dalam arti yang sangat luas , sistem informasi merupakan interaksi antara manusia, proses algoritma, data dan teknologi. Istilah ini digunakan untuk tidak hanya terhadap penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), tetapi juga cara manusia berinteraksi dengan teknologi untuk mendukung proses bisnis.
Sistem Informasi merupakan salah satu jenis dari suatu sistem kerja. Sebuah sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan / atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya (termasuk TIK) untuk menghasilkan produk tertentu dan / atau jasa bagi pelanggan. Sebuah sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya dikhususkan untuk pengolahan (mengambil , mentransmisikan, menyimpan, memanggil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.
Bagian dari kesulitan dalam mendefinisikan sistem informasi istilah ini disebabkan ketidak-jelasan dalam definisi istilah terkait seperti sistem dan informasi . Beynon-Davies berpendapat untuk lebih jelas terminologi yang berbasis di Systemis dan semiotika . Ia mendefinisikan sistem informasi sebagai contoh dari sistem yang bersangkutan dengan manipulasi tanda . Sebuah sistem informasi adalah jenis sistem sosio-teknis. Sebuah sistem informasi adalah suatu mediasi membangun antara tindakan dan teknologi.
Dengan demikian, sistem informasi berkaitan antara sistem data di satu sisi dan sistem kegiatan di sisi lain. Sebuah sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data mewakili dan diproses sebagai bentuk memori sosial. Suatu sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi-formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
Sistem informasi adalah fokus utama penelitian untuk sistem disiplin informasi dan informatika organisasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar